SILABUS
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD Negeri Mangkebumen Lor No. 15
Kelas/Semester : I(satu) /1
(satu)
Tema/Subtema : 1. Diriku
3. Aku Merawat
Tubuhku
Kompetensi Inti:
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar:
3.2. Mengemukakan kegitan persiapan Menulis permulaan (cara duduk,cara
memegang pensil,cara menggerakan pensil,cara meletakkan buku,jarak antara
mata dan buku,pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara
lisan.
4.2. Memperhatikan kegitan persiapan menulis permulaan (cara duduk,
cara memegang pensil, cara meletakkan buku,jarak antara mata dan buku,gerak
tanagn atas bawah,kanan kiri,latihan pelenturan gerak tangan dengan gerak
menulis di udara/pasir/meja,melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak,
menggambar, membuat garis teagk ,miring , lurus , dan lengkung ,menjiblak
berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang
dengan benar )
|
3.2.5 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang
benar saat menulis 4.2.4 Mendemonstrasikan jarak yang baik antara mata dan
media menulis 4.2.5 Mendemostrasikan pencahayaan yang baik saat menulis
|
Menulis permulaan
|
Mengamati (Siswa)
1. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
melakukan tanya jawab tentang sikap yang baik saat menulis
2. Siswa mempraktikkan posisi duduk, memegang
pensil, meletakkan buku, dan jarak yang tepat antara mata dan media
menggambar.
3. Guru mengingatkan siswa untuk menggambar di
tempat yang terang.
4. Siswa mempraktikkan kembali kegiatan
persiapan menulis dengan memperhatikan posisi cahaya yang benar.
Menulis (Siswa)
5.
Siswa melakukan kegiatan menjaga sikap tubuh dengan benar.
6.
Siswa bertanya jawab tentang tehnik menjaga sikap tubuh menjadi sebuah
cerita pendek.
Mencoba/Mengumpulkan Informasi
(Siswa)
7.
Siswa memilih teman untuk mempraktikkan prosedur menjaga sikap tubuh.
8.
Siswa memilih dua prosedur menjaga sikap tubuh untuk dipraktikkan.
Menalar/Mengasosiasi (Siswa)
9.
Sebelum memulai permainan, guru membagi siswa ke dalam empat kelompok.
10.
Sambil bertanya jawab, guru menjelaskan langkah kerjanya.
11.
Siswa duduk rapi berkelompok dan melakukan permainan buku di kepala
berdasar kelompok.
|
Prosedur:
proses dan hasil
Teknik tes:
nontes dan tes
Jenis:
unjuk kerja dan tes tertulis
Bentuk :
rubrik dan uraian
Instrumen:Lembar
Kerja, Kisi-kisi Soal, Soal Tes, Kunci Jawaban, Teknik
Penskoran, Rubrik
|
2 x 25 menit
|
Sumber:
Buku Guru dan Buku Siswa kelas I
Media: media visual diam diproyeksikan
berupa gambar-Teks lagu yamko rambe yamko dan tulisan
|
PJOK
Kompetensi Dasar
3.4.
Memahami prosedur menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan)dan
bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan
sederhana dan atau tradisional.
4.4
Mempratikkan prosedur menjaga sikap
tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta
seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau
tradisional.
|
3.4.3 Menjelaskan prosedur menjaga
sikap berdiri secara lentur dan seimbang dalam rangka pembentukan tubuh
melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.3 Mempratikkan prosedur
menjaga sikap berdiri secara lentur dan seimbang dalam rangka pembentukan
tubuh melalui
|
Menjaga sikap tubuh
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD Negeri Mangkebumen Lor No.15
Kelas/Semester : I (satu) /1 (satu)
Tema/Subtema : 1.
Diriku
3. Aku Merawat Tubuhku
Pembelajaran ke :
2
Alokasi Waktu : 2 x 25 Menit
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pembelajaran
|
Bahasa Indonesia
|
|
3.2.Mengemukakan kegitan persiapan Menulis permulaan (cara duduk,cara
memegang pensil, cara menggerakan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara
mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara
lisan.
4.2.Memperhatikan kegitan persiapan menulis permulaan (cara duduk,
cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerak
tangan atas bawah, kanan kiri, latihan pelenturan gerak tangan dengan gerak
menulis di udara/pasir/meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak,
menggambar, membuat garis teagk, miring, lurus, dan lengkung, menjiblak
berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang
dengan benar )
|
3.2.4 Menunjukkan gambar jarak
yang baik antara mata dan media
menulis
3.2.5 Menunjukkan gambar posisi
cahaya yang benar saat menulis
4.2.4 Mendemonstrasikan jarak yang
baik antara mata dan media menulis
4.2.5 Mendemostrasikan pencahayaan
yang baik saat menulis
|
PJOK
|
|
3.4. Memahami prosedur menjaga sikap tubuh (duduk,
membaca, berdiri, jalan dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam
rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional).
4.4 Mempratikkan prosedur menjaga sikap tubuh (duduk, membaca,
berdiri, jalan dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka
pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional).
|
3.4.3 Menjelaskan prosedur menjaga
sikap berdiri secara lentur dan seimbang dalam rangka pembentukan tubuh
melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.3 Mempratikkan prosedur menjaga sikap berdiri secara lentur dan
seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau
tradisional.
|
B. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
penugasan siswa dapat menebalkan huruf yang berhubungan dengan sikap belajar
yang baik dengan tepat.
2.
Melalui
pengamatan terhadap media gambar siswa dapat mencontohkan sikap berdiri dan
duduk yang baik saat belajar dengan tepat.
3.
Melalui
kegiatan baris berbaris, siswa dapat mempraktikkan prosedur menjaga sikap
berdiri secara lentur dan seimbang dengan baik.
4.
Melalui
metode pengamatan siswa dapat menunjukkan gambar berbagai posisi jarak antara
mata dengan media menulis, siswa dapat menunjukkan gambar jarak yang baik
antara mata dan media menulis dengan benar
5.
Melalui
demonstrasi siswa dapat melakukan berbagai posisi duduk dengan diterangi
cahaya, siswa dapat menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat menulis
dengan tepat.
6.
Melalui
penugasan siswa dapat melakukan kegiatan menulis di meja, siswa dapat
mendemonstrasikan Jarak yang baik antara mata dan media menulis dengan tepat
dan disiplin.
7.
Melalui
demonstrasi siswa dapat melakukan kegiatan menulis di meja, siswa dapat pencahayaan
saat menulis dengan baik.
C.
Materi Pembelajaran
Bahasa
Indonesia : Menulis Permulaan
PJOK : Menjaga
Sikap Tubuh
D.
Pendekatan Model dan Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Cooperative Learning
tipemake a match
3. Metode : ceramah bervariasi, pengamatan, penugasa, demonstrasi
E.
Media Pembelajaran
1. Lampu belajar
2. Gambar cara duduk yang benar
3. Gambar cara belajar dan menulis
4. Gambar berjalan dengan seimbang
5. Proyektor
6. powerpoint
7. Sendok
8. Klereng
F.
Sumber Belajar
1.
Yusfina
Hendrifiana, Panca Ariguntar, dan Lubna Assagaf. (2016). Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas 1 Tema
1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (hal 85-89).
2. _________. (2016). Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, (hal.82-85).
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Pengkondisian kelas pada situasi belajar
2.
Guru memberi salam pembuka.
3.
Siswa bersama dengan guru berdoa menurut agama dan
kepercayaan masing-masing.
4.
Guru melakukan komunikasi dengan siswa
tentang kehadiran siswa.
5.
Guru memberikan apersepsi dengan melakukan tanya jawab dengan siswa: “siapa yang masih ingat tentang
pembelajaran sebelumnya dan mengkaitkan dengan pembelajaran yang akan
disampaikan?” “siapa yang suka bernyanyi?” (Apersepsi)
6.
Guru dan siswa bernyanyi lagu ‘Naik
Kereta Api’’ untuk membangkitkan semangat siswa
7.
Guru melakukan orientasi dengan mengemukakan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran. (Orientasi)
8.
Guru memberikan
motivasi kepada siswa agar siswa mau mengikuti pembelajaran dengan aktif. (Motivasi)
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
mendengar penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari hari ini.
2. Siswa mengamati media gambar sikap tubuh yang
baik saat belajar
3. Siswa dan guru bertanya jawab tentang sikap
tubuh yang baik
4. Siswa mempraktikkan posisi duduk, memegang
pensil, meletakkan buku, dan jarak yang tepat antara mata dan media
menggambar.
5. Guru mengingatkan siswa untuk menggambar di
tempat yang terang.
6. Siswa dibagi menjadi 3 kelompok untuk
melakukan permainan tradisonal.
7. Siswa bertanya jawab dengan guru
berkaitan dengan permainan yang akan dimainkan, guru menjelaskan langkah
kerjanya.
8. Perwakilan kelompok maju kedepan
untuk memainkan permainan tradisonal dan teman kelompok memberi semangat.
9. Siswa dan guru bertanya jawab dan
menyampaikan pendapatnya berkaiatan dengan permainan tradisonal.
10. Siswa melakukan kegiatan persiapan menulis
permulaan yang meliputi cara duduk, cara memegang pensil dan cara meletakkan
buku.
11. Guru menyampaikan kegiatan menulis permulaan
lainnya, yaitu mengatur posisi mata dengan media menulis dan mengatur
penggunaan cahaya ketika menulis.
12. Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar
mengenai kegiatan menulis permulaan berupa mengatur posisi mata dengan media
menulis dan mengatur penggunaan cahaya ketika menulis.
13. Guru membuat keadaan kelas menjadi gelap
(misal: memasang tirai jendela,menutup pintu, atau mematikan lampu ruangan
kelas) dan meminta siswa menulis cara merawat tubuh.
14. Guru membuat keadaan kelas kembali menjadi
terang dan meminta siswa melanjutkan menulis.
15. siswa diminta untuk berhenti menulis dan
membandingkan hasil tulisan di buku tulis.
16. Guru menanyakan kondisi yang paling nyaman bagi mereka saat
menulis.
|
30 Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa di bimbing guru menyimpilkan
materi yang telah disampaikan selama pembelajaran berlangsung
2.
Siswa
melaksanakan evaluasi/penilaian hasil belajar.
3.
Guru bersama melakukan refleksi
(renungan) mengenai pembelajaran hari ini dan harapan pembelajaran yang akan
datang.
4.
Guru memberikan tindak lanjut
berupa pekerjaan rumah.
5.
Guru memberikan pesan kepada siswa
agar rajin
belajar
6.
Siswa mengakhiri pelajaran dengan berdo'a menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
10
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
a. Prosedur :
Tes Akhir Prose
b. Teknik
tes :
Tes Tertulis
c. Bentuk :
Uraian
d. Alat :Kisi-kisi, soal evaluasi, soal,
Kunci Jawaban, Lembar Pengamatan
Lampiran-Lampiran :
1.
Materi
Ajar
2.
LKPD
3.
Media
Pembelajaran
4.
Penilaian
LAMPIRAN 1
Bahan Ajar
1.
Sikap
berjalan yang baik dan benar
2.
Pentingnya
cahaya saat beajar
3.
Menulis
Pemula
LAMPIRAN 2
Lembar Kerja Peserta Didik
Perhatikan gambar dibawah ini, berilah tanda √ pada gambar yang
menunjukkan sikap menjaga tubuh dengan baik, dan berilah tanda X pada gambar yang menunjukkan sikap
tidak baik dalam belajar.
1.
Menulis
dengan posisi yang benar
2.
Memegang
pensil yang benar
3.
Meletakkan
buku dengan tepat
LAMPIRAN 3
Media Pembelajaran
LAMPIRAN 4
Penilaian
1. Penilaian
Sikap (Afektif)
a.
Rubrik
Penilaian Sikap Peserta Didik
ASPEK PENILAIAN
|
Kriteria
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
PERCAYA DIRI
|
Apabila peserta
didik mampu :
a. Mengerjakan
soal dengan rapi tanpa coretan.
b. Bersedia
maju tanpa ditunjuk.
c. Berani
mengemukakan minimal 3 pendapat mengenai kegiatan pagi hari.
d. Tidak
ragu-ragu dalam berpendapat
|
Jika
memenuhi 1 kriteria
|
Jika
memenuhi 2 kriteria
|
Jika
memenuhi 3 kriteria
|
Jika
memenuhi 4 kriteria
|
DISIPLIN
|
Apabila peserta
didik mampu:
a. Masuk
ke kelas tepat waktu
b. Mengerjakan
soal sesuai waktu yang ditentukan ,
c. Mengerjakan
soal dengan runtut
d. Mengerjakan
soal sesuai dengan petunjuknya.
|
Jika
memenuhi 1 kriteria
|
Jika
memenuhi 2 kriteria
|
Jika
memenuhi 3 kriteria
|
Jika
memenuhi 4 kriteria
|
b. Tabel Penilaian Sikap Peserta
Didik
No
|
Nama
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
5
|
|||||||||
6
|
|||||||||
7
|
|||||||||
8
|
2.
Penilaian Keterampilan
(Psikomotorik)
a. Keterampilan
Menulis Kata terkait kegiatan di hari ini
1)
Rubrik
Penilaian Keterampilan Menulis terkait kegiatan di hari ini
Keterampilan
|
Kriteria
|
|||
Sangat
Baik (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Pendampingan (1)
|
|
Cara menulis
|
Peserta
didik dapat:
a. Mengatur
jarak mata dengan media menulis dengan tepat
b.mengatur
pencahayaan ketika menulis dengan baik
c. Jarak
kedua jari membentuk lingkaran, tidak kaku dalam memegang pensil
d.
posisi alat tulis lurus
menulis
secara mandiri.
|
Memenuhi 3 kriteria
|
Memenuhi 3 kriteria
|
Memenuhi
1 kriteria
|
Jumlah tulisan
|
1.
Tidak ada kesalahan
|
Ada 1 kesalahan
|
Ada 2 kesalahan
|
Lebih dari 2
kesalahan
|
2)
Tabel
Penilaian Keterampilan Menulis Kosa Kata terkait kegiatan di pagi hari
No
|
Nama
|
Kriteria
|
|||||||||
Cara memegang pensil
|
Jumlah kata
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
Nilai Akhir = Jumlah skor x
100
Skor maksimal
Skor
Maksimal : 4
3.
Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
a.
Pedoman
Penilaian Lembar Kerja 1
Skor setiap
butir soal yang benar : 2
Skor setiap
butir soal yang salah : 0
Skor maksimal :10
Nilai Akhir = Jumlah skor yang dijawab benar x
100
Skor maksimal
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
b.Pedoman Penilaian Lembar Kerja 2
Skor setiap
butir soal yang benar : 2
Skor setiap
butir soal yang salah : 0
Skor maksimal :10
Nilai Akhir = Jumlah skor yang dijawab benar x
100
Skor maksimal
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4.
|
Keterangan:
C1 = Pengetahuan P1
= Peniruan
C2 = Pemahan P2 = Menipulasi
C3 = Penerapan P3
= Artikulasi
C4 = Analisis P4
= Pengalamiahan
C5 = Sintesis
C6 = Kreativitas
Kisi-Kisi Soal
a. Kisi-kisi
Soal
Indikator
|
Teknik penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Nomor Soal
|
BAHASA INDONESIA
3.2.4 Menunjukkan gambar jarak
yang baik antara mata dan media menulis
3.2.5 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat menulis
4.2.4 Mendemonstrasikan jarak yang baik antara mata dan media menulis
4.2.5Mendemostrasikan pencahayaan yang baik saat menulis
|
Lisan
Lisan
|
uraian
|
1,2,3
|
PJOK
3.4.3 Menjelaskan prosedur menjaga sikap berdiri secara lentur dan
seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.4.3 Mempratikkan prosedur menjaga sikap berdiri secara lentur dan
seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau
tradisional.
|
Lisan
Lisan
|
Uraian
|
5,6,7,8,9,10
|
b.
Soal
Evaluasi
Isislah
titik-titik di bawah ini.
1.
Pada
saat menggambar kita butuhkan cahaya yang…….
2.
Buku
gambar di gunakan untuk……………
3.
Sikap
yang baik saat menulis dengan tubuh yang....
4.
Memegang
pinsil yang baik dengan cara...
5.
Sikap
berdiri yang baik adalah...
6.
Sikap
berjalan yang baik tidak membungkuk tetapi....
7.
Saat
bermain buku “dikepala” sikap kita harus.....
8.
Contoh
permainan tradisonal yang menjaga keseimbangan tubuh ialah....
9.
Salah
satu cahaya yang dapat dimanfaatkan untuk belajar ialah....
10.
Saat
belajar di rumah cahaya yang kita gunakan adalah.....
c. Kunci
Jawaban dan Teknik Penskoran soal latihan
1.
Terang
2.
Menggambar
3.
Tegap
4.
Miring
5.
Tidak
membungkuk
6.
Tegap
7.
Tegap
tidak membungkuk
8.
Taplah
gunung
9.
Matahari
10.
Lampu
belajar
Teknik
Penilaian:
Jawaban Benar = 20
Skor Akhir = skor1 + skor2 + skor3 + skor4
+ skor5
Skor maksimal = 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar