Jumat, 29 September 2017

rpp kurikulum 2013 kelas 1 tema 1 subtema 3


JARINGAN TEMA




SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                   : SD Negeri Mangkebumen Lor No. 15
Kelas/Semester                         : I(satu) /1 (satu)
Tema/Subtema                          : 1. Diriku
  3. Aku Merawat Tubuhku

Kompetensi Inti:
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
Indikator 
Materi
Kegiatan Belajar
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.2. Mengemukakan kegitan persiapan Menulis permulaan (cara duduk,cara memegang pensil,cara menggerakan pensil,cara meletakkan buku,jarak antara mata dan buku,pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.
4.2. Memperhatikan kegitan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku,jarak antara mata dan buku,gerak tanagn atas bawah,kanan kiri,latihan pelenturan gerak tangan dengan gerak menulis di udara/pasir/meja,melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis teagk ,miring , lurus , dan lengkung ,menjiblak berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang dengan benar )

 3.2.5 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat menulis 4.2.4 Mendemonstrasikan jarak yang baik antara mata dan media menulis 4.2.5 Mendemostrasikan pencahayaan yang baik saat menulis














Menulis permulaan
Mengamati (Siswa)
1.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab tentang sikap yang baik saat menulis
2.      Siswa mempraktikkan posisi duduk, memegang pensil, meletakkan buku, dan jarak yang tepat antara mata dan media menggambar.
3.      Guru mengingatkan siswa untuk menggambar di tempat yang terang.
4.      Siswa mempraktikkan kembali kegiatan persiapan menulis dengan memperhatikan posisi cahaya yang benar.
Menulis (Siswa)
5.         Siswa melakukan kegiatan menjaga sikap tubuh dengan benar.
6.            Siswa bertanya jawab tentang tehnik menjaga sikap tubuh menjadi sebuah cerita pendek.
Mencoba/Mengumpulkan Informasi (Siswa)
7.          Siswa memilih teman untuk mempraktikkan prosedur menjaga sikap tubuh.
8.          Siswa memilih dua prosedur menjaga sikap tubuh untuk dipraktikkan.
Menalar/Mengasosiasi (Siswa)
9.          Sebelum memulai permainan, guru membagi siswa ke dalam empat kelompok.
10.      Sambil bertanya jawab, guru menjelaskan langkah kerjanya.
11.      Siswa duduk rapi berkelompok dan melakukan permainan buku di kepala berdasar kelompok.
Prosedur:
proses dan hasil
Teknik tes:
nontes dan tes
Jenis:
unjuk kerja dan tes tertulis
Bentuk            :
rubrik dan uraian
Instrumen:Lembar Kerja, Kisi-kisi Soal, Soal Tes, Kunci Jawaban, Teknik  
Penskoran, Rubrik
2 x 25 menit
Sumber:
Buku Guru dan Buku Siswa kelas I

Media: media visual diam diproyeksikan berupa gambar-Teks lagu yamko rambe yamko dan tulisan

PJOK
Kompetensi Dasar
3.4. Memahami prosedur menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan)dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 Mempratikkan prosedur  menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.


3.4.3 Menjelaskan prosedur menjaga sikap berdiri secara lentur dan seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.3 Mempratikkan prosedur menjaga sikap berdiri secara lentur dan seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.


Menjaga sikap tubuh




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Mangkebumen Lor No.15
Kelas/Semester            : I (satu) /1 (satu)
Tema/Subtema             : 1. Diriku
                                                  3. Aku Merawat Tubuhku
Pembelajaran ke          : 2
Alokasi Waktu             : 2 x 25  Menit

A.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pembelajaran
Bahasa Indonesia
3.2.Mengemukakan kegitan persiapan Menulis permulaan (cara duduk,cara memegang pensil, cara menggerakan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.
4.2.Memperhatikan kegitan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerak tangan atas bawah, kanan kiri, latihan pelenturan gerak tangan dengan gerak menulis di udara/pasir/meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis teagk, miring, lurus, dan lengkung, menjiblak berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang dengan benar )
3.2.4 Menunjukkan gambar jarak yang baik     antara mata dan media menulis
3.2.5 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat menulis
4.2.4 Mendemonstrasikan jarak yang baik antara mata dan media menulis
4.2.5 Mendemostrasikan pencahayaan yang baik saat menulis

PJOK
3.4. Memahami prosedur menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional).
4.4 Mempratikkan prosedur  menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional).
3.4.3 Menjelaskan prosedur menjaga sikap berdiri secara lentur dan seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.3 Mempratikkan prosedur menjaga sikap berdiri secara lentur dan seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.

B.     Tujuan Pembelajaran
1.  Melalui penugasan siswa dapat menebalkan huruf yang berhubungan dengan sikap belajar yang baik dengan tepat.
2.  Melalui pengamatan terhadap media gambar siswa dapat mencontohkan sikap berdiri dan duduk yang baik saat belajar dengan tepat.
3.  Melalui kegiatan baris berbaris, siswa dapat mempraktikkan prosedur menjaga sikap berdiri secara lentur dan seimbang dengan baik.
4.  Melalui metode pengamatan siswa dapat menunjukkan gambar berbagai posisi jarak antara mata dengan media menulis, siswa dapat menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan media menulis dengan benar
5.  Melalui demonstrasi siswa dapat melakukan berbagai posisi duduk dengan diterangi cahaya, siswa dapat menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat menulis dengan tepat.
6.  Melalui penugasan siswa dapat melakukan kegiatan menulis di meja, siswa dapat mendemonstrasikan Jarak yang baik antara mata dan media menulis dengan tepat dan disiplin.
7.  Melalui demonstrasi siswa dapat melakukan kegiatan menulis di meja, siswa dapat pencahayaan saat menulis dengan baik.

C.    Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia            : Menulis Permulaan
PJOK                   : Menjaga Sikap Tubuh

D.    Pendekatan Model dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan      : Saintifik
2.    Model              : Cooperative Learning tipemake a match
3.    Metode            : ceramah bervariasi, pengamatan, penugasa, demonstrasi

E.     Media Pembelajaran
1.    Lampu belajar
2.    Gambar cara duduk yang benar
3.    Gambar cara belajar dan menulis
4.    Gambar berjalan dengan seimbang
5.    Proyektor
6.    powerpoint
7.    Sendok
8.    Klereng

F.     Sumber Belajar
1.      Yusfina Hendrifiana, Panca Ariguntar, dan Lubna Assagaf. (2016). Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas 1 Tema 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (hal 85-89).
2.      _________. (2016). Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas 1 Tema 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (hal.82-85).

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.   Pengkondisian kelas pada situasi belajar
2.   Guru memberi salam pembuka.
3.   Siswa bersama dengan guru berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
4.   Guru melakukan komunikasi dengan siswa tentang kehadiran siswa.
5.   Guru memberikan apersepsi dengan melakukan tanya jawab dengan siswa: “siapa yang masih ingat tentang pembelajaran sebelumnya dan mengkaitkan dengan pembelajaran yang akan disampaikan?” “siapa yang suka bernyanyi?” (Apersepsi)
6.   Guru dan siswa bernyanyi lagu ‘Naik Kereta Api’’ untuk membangkitkan semangat siswa
7.   Guru melakukan orientasi dengan mengemukakan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran. (Orientasi)
8.   Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siswa mau mengikuti pembelajaran dengan aktif. (Motivasi)
10 menit
Kegiatan Inti
1.    Siswa mendengar penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari hari ini.
2.   Siswa mengamati media gambar sikap tubuh yang baik saat belajar
3.   Siswa dan guru bertanya jawab tentang sikap tubuh yang baik
4.   Siswa mempraktikkan posisi duduk, memegang pensil, meletakkan buku, dan jarak yang tepat antara mata dan media menggambar.
5.   Guru mengingatkan siswa untuk menggambar di tempat yang terang.
6.   Siswa dibagi menjadi 3 kelompok untuk melakukan permainan tradisonal.
7.   Siswa bertanya jawab dengan guru berkaitan dengan permainan yang akan dimainkan, guru menjelaskan langkah kerjanya.
8.   Perwakilan kelompok maju kedepan untuk memainkan permainan tradisonal dan teman kelompok memberi semangat.
9.   Siswa dan guru bertanya jawab dan menyampaikan pendapatnya berkaiatan dengan permainan tradisonal.
10.     Siswa melakukan kegiatan persiapan menulis permulaan yang meliputi cara duduk, cara memegang pensil dan cara meletakkan buku.
11.    Guru menyampaikan kegiatan menulis permulaan lainnya, yaitu mengatur posisi mata dengan media menulis dan mengatur penggunaan cahaya ketika menulis.
12.     Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar mengenai kegiatan menulis permulaan berupa mengatur posisi mata dengan media menulis dan mengatur penggunaan cahaya ketika menulis.
13.     Guru membuat keadaan kelas menjadi gelap (misal: memasang tirai jendela,menutup pintu, atau mematikan lampu ruangan kelas) dan meminta siswa menulis cara merawat tubuh.
14.     Guru membuat keadaan kelas kembali menjadi terang dan meminta siswa melanjutkan menulis.
15.     siswa diminta untuk berhenti menulis dan membandingkan hasil tulisan di buku tulis.
16.     Guru menanyakan  kondisi yang paling nyaman bagi mereka saat menulis.
30 Menit
Penutup
1.      Siswa di bimbing guru menyimpilkan materi yang telah disampaikan selama pembelajaran berlangsung
2.      Siswa melaksanakan evaluasi/penilaian hasil belajar.
3.      Guru bersama melakukan refleksi (renungan) mengenai pembelajaran hari ini dan harapan pembelajaran yang akan datang.
4.      Guru memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah.
5.      Guru memberikan pesan kepada siswa agar rajin
belajar
6.      Siswa mengakhiri pelajaran dengan berdo'a menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
10

H.    Penilaian Hasil Belajar
a.   Prosedur                        : Tes Akhir Prose
b.  Teknik tes                      : Tes Tertulis
c.   Bentuk                          : Uraian
d.  Alat                               :Kisi-kisi, soal evaluasi, soal, Kunci Jawaban, Lembar                                                  Pengamatan





Lampiran-Lampiran :
1.  Materi Ajar
2.  LKPD
3.  Media Pembelajaran
4.  Penilaian


LAMPIRAN 1

Bahan Ajar
1.      Sikap berjalan yang baik dan benar
2.      Pentingnya cahaya saat beajar

3.      Menulis Pemula
LAMPIRAN 2
Lembar Kerja Peserta Didik
Perhatikan gambar dibawah ini, berilah tanda √ pada gambar yang menunjukkan sikap menjaga tubuh dengan baik, dan berilah tanda X pada gambar yang menunjukkan sikap tidak baik dalam belajar.
1.      Menulis dengan posisi yang benar
2.      Memegang pensil yang benar
3.      Meletakkan buku dengan tepat
LAMPIRAN 3
Media Pembelajaran
LAMPIRAN 4
Penilaian
      1.    Penilaian Sikap (Afektif)
a.   Rubrik Penilaian  Sikap Peserta Didik

ASPEK  PENILAIAN
Kriteria
K
C
B
SB

PERCAYA DIRI
Apabila peserta didik mampu :
a. Mengerjakan soal dengan rapi tanpa coretan.
b. Bersedia maju tanpa ditunjuk.
c.  Berani mengemukakan minimal 3 pendapat mengenai kegiatan pagi hari.
d. Tidak ragu-ragu dalam berpendapat
Jika memenuhi 1 kriteria
Jika memenuhi 2 kriteria
Jika memenuhi 3 kriteria
Jika memenuhi 4 kriteria

DISIPLIN
Apabila peserta didik mampu:
a. Masuk ke kelas tepat waktu
b. Mengerjakan soal sesuai waktu yang ditentukan ,
c.  Mengerjakan soal dengan runtut
d. Mengerjakan soal sesuai dengan petunjuknya.
Jika memenuhi 1 kriteria
Jika memenuhi 2 kriteria
Jika memenuhi 3 kriteria
Jika memenuhi 4 kriteria

b.  Tabel Penilaian Sikap Peserta Didik
No
Nama
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1







2








3









4
5
6
7
8


2.        Penilaian Keterampilan (Psikomotorik)
a.  Keterampilan Menulis Kata terkait kegiatan di hari ini
1)      Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis terkait kegiatan di hari ini

Keterampilan


Kriteria

Sangat Baik (4)

Baik (3)

Cukup (2)
Perlu Pendampingan (1)
Cara menulis
Peserta didik dapat:
a. Mengatur jarak mata dengan media menulis dengan tepat
b.mengatur pencahayaan ketika menulis dengan baik
c. Jarak kedua jari membentuk lingkaran, tidak kaku dalam memegang pensil
d.               posisi alat tulis lurus
menulis secara mandiri.
Memenuhi 3 kriteria
Memenuhi 3 kriteria
Memenuhi 1 kriteria
Jumlah tulisan
1.       Tidak ada kesalahan
Ada 1 kesalahan
Ada 2 kesalahan
Lebih dari 2 kesalahan

2)      Tabel Penilaian Keterampilan Menulis Kosa Kata terkait kegiatan di pagi hari
No
Nama
Kriteria


Cara memegang pensil
Jumlah kata
Jumlah
Nilai Akhir
4
3
2
1
4
3
2
1


 1


2


3



Nilai Akhir                  =          Jumlah skor  x 100
                        Skor maksimal
Skor Maksimal          : 4
3. Penilaian Pengetahuan (Kognitif)
a.   Pedoman Penilaian Lembar Kerja 1
Skor setiap butir soal yang benar      : 2
Skor setiap butir soal yang salah       : 0
Skor maksimal                                   :10

Nilai Akhir                       =          Jumlah skor yang dijawab benar    x 100
                                                                   Skor maksimal


Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Nilai
Keterangan
1



2



3



4



5





b.Pedoman Penilaian Lembar Kerja 2
Skor setiap butir soal yang benar           : 2
Skor setiap butir soal yang salah            : 0
Skor maksimal                                        :10

Nilai Akhir                       =          Jumlah skor yang dijawab benar    x 100
                                                                   Skor maksimal
Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Nilai
Keterangan
1



2



3



4.




Keterangan:
C1 = Pengetahuan       P1 = Peniruan
C2 = Pemahan             P2 = Menipulasi
C3 = Penerapan           P3 = Artikulasi
C4 = Analisis               P4 = Pengalamiahan
C5 = Sintesis
C6 = Kreativitas

Kisi-Kisi Soal
a.   Kisi-kisi Soal
Indikator
Teknik penilaian
Bentuk Penilaian
Nomor Soal
BAHASA INDONESIA
3.2.4 Menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan media menulis
3.2.5 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat menulis
4.2.4 Mendemonstrasikan jarak yang baik antara mata dan media menulis 4.2.5Mendemostrasikan pencahayaan yang baik saat menulis

Lisan


Lisan


uraian

1,2,3




PJOK
3.4.3 Menjelaskan prosedur menjaga sikap berdiri secara lentur dan seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.3 Mempratikkan prosedur menjaga sikap berdiri secara lentur dan seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
Lisan



Lisan
Uraian
5,6,7,8,9,10





b.  Soal Evaluasi
            Isislah titik-titik di bawah ini.
1.  Pada saat menggambar kita butuhkan cahaya yang…….
2.  Buku gambar di gunakan untuk……………
3.  Sikap yang baik saat menulis dengan tubuh yang....
4.  Memegang pinsil yang baik dengan cara...
5.  Sikap berdiri yang baik adalah...
6.  Sikap berjalan yang baik tidak membungkuk tetapi....
7.  Saat bermain buku “dikepala” sikap kita harus.....
8.  Contoh permainan tradisonal yang menjaga keseimbangan tubuh ialah....
9.  Salah satu cahaya yang dapat dimanfaatkan untuk belajar ialah....
10.  Saat belajar di rumah cahaya yang kita gunakan adalah.....


c.   Kunci Jawaban dan Teknik Penskoran soal latihan
1.  Terang
2.  Menggambar
3.  Tegap
4.  Miring
5.  Tidak membungkuk
6.  Tegap
7.  Tegap tidak membungkuk
8.  Taplah gunung
9.  Matahari
10.  Lampu belajar

   Teknik Penilaian:
   Jawaban Benar         = 20
   Skor Akhir                = skor1 + skor2 + skor3 + skor4 + skor5
   Skor maksimal          = 100



Tidak ada komentar:

Posting Komentar